Bahaya! Jangan Berikan Makanan Ini Untuk Anjing Dan Kucing Anda



Pernahkan Anda berbagi makanan kesukaan dengan hewan peliharaan Anda di rumah? 

Berbagi makanan dengan hewan peliharaan memang lazim dilakukan oleh para pecinta dan pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Namun tahukan Anda, tidak semua makanan aman untuk anjing atau kucing Anda lho. Beberapa di antaranya malahan sangat berbahaya untuk kesehatan mereka.


Coklat, Kopi dan Kafein

Anda penggemar coklat? Sayangnya coklat sangat berbahaya untuk hewan peliharaan Anda. Coklat, kopi dan kafein mengandung zat methylxanthines, yang bila tertelan hewan peliharaan dapat menyebabkan muntah dan diare, haus dan buang air kecil berlebihan, terengah-engah, hiperaktif, tremor, kejang, irama jantung jadi tidak beraturan dan fatalnya adalah kematian. 

Jadi, kalau Anda sedang asyik ngemil coklat, tiba-tiba anjing atau kucing peliharaan Anda datang dan mengendus-endus minta bagian, jangan dikasih, ya. Berikan saja camilan lain yang aman untuk mereka.


Susu dan Produk Dairy Lainnya

Sistem pencernaan anjing dan kucing tidak memiliki enzim yang dapat memecah laktosa dalam susu. Susu yang mengandung laktosa dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya. Kalau Anda ingin memberikan susu pada anjing dan kucing peliharaan Anda, pastikan susu non laktosa. Anak anjing atau kucing yang kehilangan induknya bisa diberikan susu bayi SGM LLM. 




Alkohol

Alkohol dan makanan atau minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan diare, muntah, depresi sistem saraf pusat, penurunan koordinasi, tremor, koma, bahkan kematian.


Daging dan Telur Mentah

Daging dan telur mentah bisa jadi mengandung bakteri Salmonella dan E.Coli yang berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan. Hewan liar yang biasa hidup di alam bebas mungkin memiliki daya tahan tubuh yang lebih luat dari bakteri, namun tidak aman untuk hewan peliharaan yang terbiasa tinggal di rumah bersama keluarga.  


Tulang

Tulang mungkin jadi snack favorit bagi anjing. Namun jangan dibiasakan memberikan tulang sisa makanan pada anjing dan kucing Anda. Hewan peliharaan Anda mungkin bisa tersedak tulang atau mengalami cedera pada saluran pencernaannya terkena serpihan tulang yang pecah.

Baca tentang Bolehkah Memberi Tulang Pada Anjing Untuk Dimakan?




Bawang, Bawang Putih, Daun Bawang

Kucing sangat rentan terhadap bawang, bawang putih dan daun bawang. Ketiganya dapat menyebabkan iritasi saluran cerna dan dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah.


Itu tadi beberapa jenis makanan yang berbahaya bagi anjing dan kucing. Berhati-hatilah membuang sisa makanan Anda, pet lover. Jangan sampai hewan peliharaan Anda memakan makanan dan minuman yang dapat membahayakan kesehatan mereka. Lebih baik sediakan makanan dan minuman yang memang dikhususkan untuk anjing dan kucing ya!


No comments

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)