Stambum (Surat Silsilah Anjing Ras)


Apa itu stambum? 

Stambum berasal dari bahasa Belanda, stamboom, artinya silsilah. Dalam bahasa Inggris disebut family tree atau pedigree.

Stambum adalah akte atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia) untuk anakan anjing yang dilahirkan dari induk dan pejantan yang memiliki jenis trah yang sama dan keduanya pun memiliki stambum (terdaftar). Kita bisa mengetahui silsilah lengkap seekor anjing dari stambumnya. Silsilah itu tidak hanya untuk mengetahui siapa bapak dan ibunya tapi silsilah lengkap empat generasi sebelumnya.  

Apa saja syarat supaya anak anjing bisa didaftarkan dan mempunyai stambum?

Yang paling penting tentu saja kedua orangtuanya juga terdaftar (di Perkin) dan memiliki stambum.

Proses pendaftaran dan pembuatan stambum.

  • Lapor Pacak dilakukan 1 s.d. 7 hari setelah pemacakan di Perkin wilayah keanggotaan pemilik pejantan dan menjadi tanggung jawab pemilik jantan. Biaya lapor pacak untuk anggota adalah Rp 10.000,00 dan non anggota Rp 40.000,00. (th.2012). Lapor pacak di hari ke-8, untuk anak anjing yang berumur maksimal 3 bulan, dikenai denda keterlambatan sebesar Rp 100.000,00 untuk anggota, non anggota  Rp 400.000,00 (th.2012). Apabila anda baru melaporkan pemacakan setelah anak anjing anda berumur 3 bulan, maka lapor pacak akan ditolak. Setelah lapor pacak, pemilik jantan wajib memberikan fotocopy laporan pemacakan dan nota pembayaran kepada pemilik betina untuk proses administrasi selanjutnya. 
  • Lapor Lahir, harus segera dilakukan 1 s.d. 7 hari setelah anak anjing lahir di perkin wilayah keanggotaan pembiak (pemilik indukan/betina). Biaya gratis, kecuali anda terlambat dan baru melapor di hari ke-8 sampai anak anjing berumur maksimal 3 bulan, anda dikenai denda. Besarnya sama dengan denda terlambat lapor pacak. Begitupun bila anda baru lapor lahir setelah anak anjing berumur 3 bulan, laporan anda akan ditolak. Untuk lapor lahir, anjing betina anda sudah harus terdaftar atas nama anda. Apabila masih terdaftar atas nama pemilik sebelumnya, anda harus mengajukan balik nama pemilik terlebih dahulu sebelum lapor lahir. Biaya balik nama Rp 20.000,00 untuk anggota, Rp 80.000,00 untuk non anggota. Karena perbedaan biaya yang cukup besar antara anggota dan non anggota, saya sarankan sih anda mendaftar jadi anggota. Biayanya hanya Rp 50.000,00. Setelah menjadi anggota anda juga bisa mendaftarkan nama kandang (kennel) dengan biaya Rp 25.000,00 (th. 2012).
  • Permohonan Silsilah Sepenganakan dilakukan minimal sejak anak anjing lahir sampai umur anjing maksimal 3 bulan. Biayanya Rp 50.000,00 (anggota), Rp 200.000,00 (non anggota). Apabila permohonan slsilah ini dilakukan setelah anak anjing berumur 3 bulan, permohonan ditolak dan otomatis lapor pacak dan lapor lahir yang sudah anda lakukan, gugur. Permohonan silsilah ini biasanya dilakukan berbarengan dengan pentatoan.
  • Pentatoan dilakukan setelah surat permohonan silsilah sepenganakan disetujui dan ditandatangani Biro Silsilah Perkin Wilayah/Himpunan Trah. Anak anjing bisa ditato setelah umrnya minimal 6 minggu. Biaya tato untuk satu ekor anak anjing adalah Rp 10.000,00 (anggota) atau Rp 40.000,00 (non anggota). Tato berupa nomor diberikan di telinga anak anjing dan harus sama dengan nomor tato yang tercantum di stambumnya. 

Stambum penting gak sih?

Tergantung bagaimana anda sebagai pemilik menyikapinya. Yang paling penting adalah anjing-anjing anda terawat dengan baik, mendapat pemeriksaan kesehatan secara teratur dan hidup bersama keluarga anda sesuai dengan haknya sebagai hewan peliharaan.


70 comments

  1. Gan,

    Rencananya Saya mau adopt anjing pom punya teman...tapi dia orang malas buat bikin surat...klo dy malas buat suratnya saya yang buat bisa tidak? tapi kan dam and sirenya bukan nama saya

    ReplyDelete
  2. @vina shim:

    anjingnya sudah besar atau baru lahir? kalau sudah besar, gak bisa bikin suratnya. harus dari lahir.

    atau kalau mau balik nama, bisa. pas dia kawinpacak, tapi itu pun anjingnya udah harus punya surat dulu

    ReplyDelete
  3. hello mat siang,,, saya mo nanya ni.. kemarin ada temen ngasi anjing ke saya dan anjing tersebut sudah ada tattoo (sudah stambul ) tp saya gak dikasi suratnya, katanya hilang>
    terus klo seandainya saya urus suratnya, bagaimana caranyan ya? tlng infonya... makasi

    ReplyDelete
  4. bagaimana caranya klo ngurus suratnya yang hilang ibu ya? mohon infonya makasi

    ReplyDelete
  5. Hai Ardhy, salam kenal!

    Kalau gak salah bisa koq diurus, cuma ada syarat2nya. Bisa ditanyakan langsung ke PERKIN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat Perkin Aneh! Hiro, Kintamani (11 bln) tidak bisa dapat stamboom! (menurut (R/ Perkin) pengurus Jabodetabek. Klo kinta berasal dari induk non stamboom tidak bisa distamboomkan. KARENA ALASAN INDUKNYA TIDAK BERSTAMBOOM? Aneh, menurut saya; NENEK MOYANG KINTAMANI AWALNYA KAN TIDAK KENAL/ ADA STAMBOOM.. Aya aya wae.. perkin!

      Delete
    2. tah eta kumaha maenya nu import wae nu terdaftar!!!!

      Delete
    3. @bang m , bkn mksd sok tau..cmn brdsrkan info yg sy dapet dr seller doggy kl mau d stambum emg hrs berasal dr doggy2 yg sudah distambun jg (ibu bapakne) kl g y hrs import n masih ad syarat2 lainnya... bkn mslh aya2 wae ato sbgny tp dgn syarat aneh2 spti itulah yg mmbuat anjing berstambum mnjd mahal krn kualitas ny pun sudah terbukti bagus sekian..

      Delete
    4. kalok orang tuanya harus udah stambum, baru dia bisa stambum, jadi gak ada harapan keturunan hewan jelata dapat stambum dong, kasian amat hidup nya hewan jelata yang belum di stambum

      Delete
  6. Malam, saya ingin tau dob anjing saya yang baru dibeli tp penjualnya bilang tunggu stambumnya keluar mungkin 5-6 bulan lagi, apakah bisa diketahui jika saya menanyakan lgsg ke perkin? Soalnya saya hanya tau no tatonya c3m83 dan apa arti dari tato tersebut?

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat sekali ini blog,terima kasih atas informasinya
    salam dog lovers

    ReplyDelete
  8. saya mau tanya...
    untuk perkin wilayah jakarta selatan dimana yak?
    tepatnya saya berdomisili di kebayoran lama

    ReplyDelete
  9. ini saya baru mau dikasih anakan pom umur 2bulan .. sepertinya ayah dan ibunya ga di stambum, itu bisa ga? dan ini pom campuran.. bagaimana ya?saya awam soal ini

    ReplyDelete
  10. Saya juga mau ah bikin silsilah untuk kucing.. kalau kucing ras kawin dengan kucing kampung masih bisa dibikin silsilahnya ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak bisa bro, soalnya kan mix breed:))

      Delete
  11. maaf semua . mau nanya nih sedikit .
    kemarin bulan maret saya beli husky,tattoo sudah ada dan katanya stamboom lagi di proses . saya beli di daerah bandung.
    tapi ternyata sang penjual ini malah melarikan diri .
    saya mau bertanya apa bisa membuat stambum baru untuk anjing saya ?..
    dikenakan berapa ?.
    lokasi saya di bekasi . mohon infonya. terima kasih

    ReplyDelete
  12. hallo semua!
    Mau nanya nih, masalah saya sama seperti saudara ezra, saya mau adopsi beagle, tapi bapaknya gak di stamboom, kira2 bisa gak ya dibuat kan silsilah/stamboom nya?

    ReplyDelete
  13. Tidak bisa bos. Anjing yg bapak atau ibunya tdk ada stambum .anakan ga akan bisa dapat stambum. Dan juga jika anakan sudah lebih dr 3 bulan (belum distambum) maka akan ditolak juga permohonan stambum nya.

    ReplyDelete
  14. permisi numpang tanya...
    anjing saya salmoyet betina dewasa.. sekitar 2 tahunan..
    belum di stanbum.. nah kalau nanti saya mau kawinkan, n dia punya anak, anak nya bisa di stanbum gak ya?
    kan indukya ga ada stanbum...

    mohon petunjuk nya... ^^

    ReplyDelete
  15. permisi saya mau tanya nih, sebulan yg lalu saya dikasih sm saudara, anak anjing shih tzu msh berumur 1bln. anak anjing tersebut sudah ada tatto di kuping'nya a223, maksud tatto tersebut apa ya?? dan apa bs diurus surat stambum'nya?? mksh ya :)

    ReplyDelete
  16. @fanny:kl ibu ga stambum ga bisa.bapak ibu harus stambun
    @sisca: no tattoo itu artinya dia stambum.biasanya pihak pembiak memberikan surat stambumnya.kalo masi 1 bln biasanya surarnya blm jadi. Kalaupun tidak ada bisa diuruskan surat kehilangan stambum ke perkin dgn membawa anjing dan surat laporan polisi.nanti perkin akan buatin salinan surat stambumnya

    ReplyDelete
  17. Siang bro n sist numpang tanya n share pengalaman ane
    Ane bbrp bulan yg lalu beli husky DOB 1 Des 2013 n waktu ane beli umurnya masih 3 bulan dengan kondisi telinga SUDAH DITATO
    Posisi ane di bekasi tapi husky kelahiran bandung
    Yg mau ane tanyain :
    1. Apakah proses pembuatan stamboom hingga berbulan- bulan ? krn sampai saat ini info dr penjual stambumnya blm jadi
    2. Karena posisi kuping sudah tato apakah stambum sudah pasti ada n betul sedang diproses? (kalo anjing dewasa ada tato tp stambum ilang mungkin curian tapi ini kan masih puppies)
    3. Berdasarkan no tato di kuping apakah kita bisa urus sendiri stambumnya? Maksud ane tanpa ngandelin si penjual n ane brgkt sendiri ke bdg ngurus stambumnya biar cepet jadi
    Thx buat bantuannya n mungkin bs jd contoh pengalaman buat temen2 yg lain.

    ReplyDelete
  18. Saya mau tanya.
    1 tahun lalu saya beli Anjing jenis Golden Retriever dengan Tato Telinga D2P31.
    Kata penjualnya (OnLine) anjing nya sudah stamboom, tapi sertifikatnya blm keluar.
    Jadi saya disuruh bersabar sekitar 2 bulan.

    Sekarang saya berdomisili di Kotabatu, kalimantan Selatan. Dan saya kehilangan kontak dengan penjual anjing nya krm hp saya hilang.

    Apa yg harus saya lakukan utk mendapatkan sertifikat stamboom anjing saya?

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  19. Saya punya anakan herder umur 4 bulan. Nah itu anjing asalnya dksh dari temen saya. Nah saya mau bikin suratnya apa msh bisa?

    ReplyDelete
  20. Mau tanya ini gan, saya punya mini pom yg ibu nya gak stambum tp bapak nya stambum.apa anak nya bisa di stambum ya???.skrg anak2nya juga sudah umur 7hari.mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  21. selamat malam. saya putu. di bali.
    tadi siang. tgl. 13 nov 2014. saya mengurus kembali stambum anjing husky saya yg hilang. dengan menyertakan surat ket kehilangan dari kantor polisi.dan akhirnya bisa di proses. dan senin ini akan di kirim ke bali. Pembuatan duplikat dengan biaya 200rb. non anggota. dan pas datang surat nanti saya rencana mau masuk anggota sekalian mau balik nama 182.rb

    apa itu harga wajar segitu..?? untuk perkin daerah denpasar bali.
    dan saya jg sempat tanya. biaya bkin stb/ ekor anak anjing 60rb. dan biaya tatto 20/25.000

    mohon para senior komentarnya... untuk mengobati penasaran saya. hee.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  22. Saya mau tanya untuk PERKIN denpadar dmana ya?

    ReplyDelete
  23. Adakah yang berminat ??
    Stambun Golden Retriever Jantan, DOB 22 Feb 2011
    Solusi buat pemilik GR yg tdk punya stambun.
    peminat serius hub : h4ns_id@yahoo.com
    Kronologi : Golden Retriever saya meninggal 6 bln yang lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stambum gak bisa dialihkan untuk anjing lain, Mas. Itu kan kayak akte kelahiran, masa mau dipindah ke anjing lain :)

      Delete
  24. Permisi..mau tanya
    saya mau adop anjing
    trah pitbull
    baru usia 2bln kuran
    tapi waktu pemacakan gak di laporin
    induk sama bapak nya ada suratnya
    masih bisa gak di urusin surat nya ?
    minta solusinya dong
    trimaksi ...

    ReplyDelete
  25. mautanya. kalau mau balik nama stambum apakah anjingnya harus dibawa ke parkin apa tdak ya?

    ReplyDelete
  26. Minta tolong infonya bagi yg tau, PERKIN didaerah singaraja - bali ada gk ya & klo ada dimana alamatnya ???

    ReplyDelete
  27. apakah sertifikat dengan surat silsilah sama atau berbeda??
    apakah memang ada sertifikat palsu ??

    ReplyDelete
  28. ada yg pernah ngurus stb yg ilang?habis brp?

    ReplyDelete
  29. Permisi.. numpang nanya donk.. stambom beagle saya masih atas nama pemilik pertama.. pengaruhnya apa ya kalo saya tidak balik nama..

    ReplyDelete
  30. Sy nanti mau beli husky, belom stambum, tp umurny udah diatas 3 bulan, dan kata sellernya/penjualny ada orang dalam perkin yg bs bantu masalah anjing telat stanbum, kira2 ada yg punya kontek atau kenalan orang dalam perkin gak disini, trims

    ReplyDelete
  31. Sy nanti mau beli husky, belom stambum, tp umurny udah diatas 3 bulan, dan kata sellernya/penjualny ada orang dalam perkin yg bs bantu masalah anjing telat stanbum, kira2 ada yg punya kontek atau kenalan orang dalam perkin gak disini, trims

    ReplyDelete
  32. maaf saya masih kurang paham masalah stambum , ini awal untuk memelihara anjing dan untuk ternak, saya mau tanya, kalo stambum itu berlaku untuk satu anjing atau semua anjing dalam satu induk ?
    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. basicly stambum itu kaya akte lahir. akte lahir kan per masing" anak, bukan per induk.

      Delete
    2. basicly stambum itu kaya akte lahir. akte lahir kan per masing" anak, bukan per induk.

      Delete
  33. Maaf mau tanya. Cara membedakan surat stamboom anjing curian gimana ya? Saya mau beli malamute dan waspada. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya kalau curian tidak mungkin ada stamboomnya karna kalau anjingnya dicuri pasti stamboomnya masih dipegang pemiliknya.

      Delete
    2. seharusnya kalau curian tidak mungkin ada stamboomnya karna kalau anjingnya dicuri pasti stamboomnya masih dipegang pemiliknya.

      Delete
  34. Maaf sy mau tanya, sy baru dikasih anak anjing rottweiller umur 3bln silsilahnya ga jelas indukannya pun ga pnya surat2x, apa mash bisa sy mengurus surat2xnya

    ReplyDelete
  35. Maaf sy mau tanya, sy baru dikasih anak anjing rottweiller umur 3bln silsilahnya ga jelas indukannya pun ga pnya surat2x, apa mash bisa sy mengurus surat2xnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ya.. kalo dari indukan tidak ada surat", otomatis anak juga tidak bisa dibuat stamboom karena stamboom itu isinya silsilah keturunan si anjing sampai 4 keturunan diatasnya. maka secara otomatis tentu dibutuhkan surat silsilah si induk untuk bisa tau silsilah si anak.

      Delete
    2. bantu jawab ya.. kalo dari indukan tidak ada surat", otomatis anak juga tidak bisa dibuat stamboom karena stamboom itu isinya silsilah keturunan si anjing sampai 4 keturunan diatasnya. maka secara otomatis tentu dibutuhkan surat silsilah si induk untuk bisa tau silsilah si anak.

      Delete
  36. permisi mau kalo anjing belum stambum bisa bikin stambumnya gk ya?
    usian masih 2 bln soalnya induk sama bapaknya gk stambum.
    makasih

    ReplyDelete
  37. Maaf saya mau tanya.. saya punya anjing tipenya american bully.. bpk sm mamanya juga tipe yang sama.. cuman saya di ambon.. alamat perkin ambon blm ada dsini.. bagaimana caranya untuk membuat stambun anjing saya.. anjing saya udah umur 9 bulan. Mohon solusinya.. di ambon blm ada perkin.

    ReplyDelete
  38. Maaf saya mau tanya.. saya punya anjing tipenya american bully.. bpk sm mamanya juga tipe yang sama.. cuman saya di ambon.. alamat perkin ambon blm ada dsini.. bagaimana caranya untuk membuat stambun anjing saya.. anjing saya udah umur 9 bulan. Mohon solusinya.. di ambon blm ada perkin.

    ReplyDelete
  39. Halo, Selamat siang Bro n Sis ..
    Saya mau tanya nih, sy punya anjing golden retriever jantan dan mau di kawinkan dengan sejenisnya. Tapi betina nya tidak ada suratnya (bodong), Tapi anjing jantan nya surat nya lengkap. Lalu nanti setelah betina nya melahirkan apakah anak nya bisa dibuat surat nya ? Mohon informasinya ya Bro n Sis buat nambah pengetahuan.. Hehehe ... Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab...ga bisa broo.. harus jantan dan betinanya ada surat2 lengkap..

      Delete
  40. Permosi numpang tanya..
    Saya rencana mau mengawinkan anjing saya american akita, stanbum, usia nya 1 tahun, apa boleh? Disetujui perkin ga yah? Mohon bantuannya yang tau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, trah anjing besar minimal pemacakan di usia 18/24 bulan. Kalo masih 1 tahun stambum anak ga bisa terbit nantinya.

      Delete
    2. Bantu jawab, trah anjing besar minimal pemacakan di usia 18/24 bulan. Kalo masih 1 tahun stambum anak ga bisa terbit nantinya.

      Delete
    3. Kalau american akita masuk tragedi apa tuh?

      Delete
    4. Yang saya juga pacak chihuahua,11bulan nanti melahirkan 1bulan pada bulan Januari2018 itu induknya umur1tahun 1bulan.apa dapat stambum anak?

      Delete
  41. Gan saya baru mau mulai mendaftarkan anak anjing saya. Anak anjing kintamani yy lahir baru 4 hari lalu.
    Gimana caranyanya yaah?? Sedangkan bapaj ibuknya tidak memiliki surat* .
    Bisa gg saya hanya daftarkan anak* anjing saya ini?? Mohon jawabannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa kalo ga ada silsilah dr kedua induknya..

      Delete
  42. saya punya doggy umur 7 bulan,blm ada tatto,stambum tpi sudah vaksin. saya bukan beli,tpi nebus doggy saya dri petshop karna temen sya gak mampu bayar administrasi petshop itu. skrng doggy itu jdi milik saya,karna dulu pemiliknya tidak mampu ngurus. jadi kalo bikin stambum bisa gak yah,kira" kena berapa?

    ReplyDelete
  43. Kalo bapak ibu anjingnya gapnya surat bisa di dftarin ngga ya?

    ReplyDelete
  44. Mau tanya trrah kecil stambum,kelahiran induk udah lebih dari 1th .tp waktu pacak kurang 11bulan umur. Puppies dapet stambu m ga? Kasian induk bapak stambum tp puppies ga dapet karena umur induk???!!!÷+

    ReplyDelete
  45. Mau tanya pacak 1tahun kurang 1bulan.jadi si jantan keluar kandang lewat atas lalu menaiki betina . Apakah anak2 chihuahua saya akan berstambum? terimakasih

    ReplyDelete
  46. Hallo. .
    Saya org jambi. . Mau stb tp kayaknya jambi ga ada perkin. . Gmn ya ?

    ReplyDelete
  47. Mau tanya.. Sy dpt anakan anjinng yg katanya mix golden(betina) di setubuhi sm anjing kampung...umur blm smpe sbulan.. Apa bs di stambum+tatto? Atau ada yg bisa bantu ga? Tangerang kota

    ReplyDelete
  48. Kalau udah 9 bulan bisa gk buat KK buat anjing kesukaan Saya, soalnya Saya mau berpergian keluar Kota, anjing Saya ini Saya bawah terus, tolong dong di coment

    ReplyDelete
  49. Hai aku mau tanya dong, kmren aku baru beli pomeranian asli bukan minipom usia 2bln, tpi belum stambum... aku belinya lewat instagram dan gatau silsilah ayahnya. Kalau mau dibuatin stambum bisa ngga ya?

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)