Tips Menjadi Induk Pengganti Untuk Anak Anjing Yang Ditinggal mati Induknya


Mercy, anjing beagle kesayangan mati, mati setelah operasi pengangkatan rahim. Sedih sekali ... Namun kesedihannya tidak bisa dibiarkan berlarut-larut karena ada seekor bayi anjing yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang kami.


Dua minggu pertama dalam hidupnya adalah masa kritis untuk bayi anjing. Pada masa itu dia masih sangat tergantung kepada induknya. Selain minum susu ASIA (Air Susu Induk Anjing), setiap kali pee dan poo pun dia butuh bantuan dari induknya. Kedua aktifitas biologis tersebut belum bisa dilakukannya sendiri, induk anjing menolong anaknya untuk membuang kotoran dengan cara menjilati area kelamin dan duburnya. Begitu pun air kencing dan kotorannya akan langsung dibersihkan oleh induknya *baca: dimakan.

Untuk yang tidak terbiasa memelihara hewan peliharaan, pasti menjijikkan membayangkan atau melihat hal seperti itu. Tapi itulah kuasa Tuhan, bagaimana hewan yang sering dianggap mahluk hidup kelas dua, pun memiliki insting untuk mencintai dan mengasihi keturunannya.

Nah, karena babyJ, demikian kami menyebutnya, tidak lagi mempunyai induk, semua tugas dan tanggung jawab ibu anjing beralih kepada kami, keluarga yang memeliharanya. Rasa jijik, geli semuanya hilang karena iba dan kasih sayang. 


Susu pengganti (milk replacement), kami menggunakan Lactol dan Milk Replacement Nutri Vet, yang formulanya memang khusus untuk bayi anjing. Bayi-bayi hewan yang kehilangan induk tidak boleh diberikan susu sapi atau susu yang biasa dikonsumsi manusia, karena pencernaan mereka tidak bisa mencerna laktosa yang terdapat di dalam susu sapi. Karena susu pengganti ini memang harganya lumayan mahal, susu bayi (manusia) yang bisa dan aman digunakan adalah SGM LLM. Harganya lebih terjangkau.

Pemberian susu menggunakan botol (dot) bayi. Jadi layaknya bayi manusia saja, kami harus meluangkan waktu setiap 2 jam sekali untuk menyusui Baby J. Sedangkan untuk membantunya buang kotoran, kami menggantikan jilatan induknya dengan bantuan tisu basah non alkohol.




Memberi susu kepada bayi hewan, tidak boleh berlebihan. Cara paling mudah adalah dengan memegang perutnya. Apabila sudah terlihat gendut dan bulat, tandanya sudah cukup. Di setiap kemasan susu pun pasti ada petunjuk pemakaian, itu tidak boleh diabaikan, karena pemberian susu/makanan secara berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pada pencernaannya.

Bayi yang kenyang biasanya akan langsung tertidur dengan tenang. Sebaiknya sih kita rutin juga "menyuruh" dia pipis, supaya tidak mengompol di tempat tidurnya. Hehehe.. lucu ya, seperti merawat bayi sendiri saja :D


Setelah usia 3 minggu, Baby J mulai dikenalkan dengan makanan selain susu. Tentu saja gak langsung dikasih dogfood. Untuk perkenalan, Baby J makan bubur bayi instan. Pertama kali disodorkan mangkuk makanan, dia langsung makan dengan lahap.

Di usia ini, meskipun masih banyak tidur, tapi bayi anjing sudah mulai jalan-jalan kesana kemari, berkenalan dengan dunia luar, mulai mengajak bermain, sudah mulai mengenal namanya dan sudah bisa buang kotoran sendiri. 


5 comments

  1. Baby J kasian juga ya, gak mendapatkan belaian dari induknya. hihihi

    untuk ada mba sari dan keluarga yang selalu siap sedia untuk penghuni maru Bunny. . . :)

    Pulas banget itu tidurnya. . . ^_*

    ReplyDelete
  2. Aku juga lagi ada kitten si cacang..paling suka minumin botol susu dan abis itu dia bobo hehehee


    Sehat2 ya sayang... Cepet gede...muahh

    ReplyDelete
  3. Mba berarti kasihnya kayak susu anak" bayi kaya SGM BEBELAC DLL YA

    ReplyDelete
  4. Mau tanya dong,SGM LLM itu memang beneran aman buat baby anjing,soalnya saya punya 7 ekor baby anjing di rumah,hehehe

    ReplyDelete
  5. Mau tanya dong,SGM LLM itu memang beneran aman buat baby anjing,soalnya saya punya 7 ekor baby anjing di rumah,hehehe

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami :)
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)